Saturday, February 23, 2013

Cara Merawat Rambut Bagi Wanita

Sekitar sepertiga dari wanita yang memasuki fase post-menopause mengalami penipisan rambut atau bahkan mengalami rambut rontok. Pertumbuhan rambut akan melambat seiring dengan bertambahnya usia kita dan tubuh kita akan sulit mengganti setiap rambut yang terlepas dari kepala. Namun memiliki rambut yang sehat dan kuat ketika usia tua bukan suatu hal yang tidak mungkin. Hal ini bisa dicapai jika kita mulai merawat rambut dengan baik sejak usia muda. Berikut ini adalah cara merawat rambut yang mudah bagi wanita.

Menyisir tiap hari
Sisirlah rambut setiap hari. Gunakan sisir yang giginya jarang agar rambut tidak tertarik dan putus dan ujung giginya tidak tajam agar tidak melukai kulit kepala. Sisirlah rambut mulai dari kulit kepala sampai ke ujung rambut. Hal ini akan menstimulasi aliran darah ke folikel rambut dan membantu kulit kepala mendistribusikan sebum ke batang rambut.

Membersihkan sisir
Sekali seminggu bersihkanlah sisir anda dan sisirlah rambut ketika sedang memakai shampo untuk mendistribusikan shampo secara merata pada rambut. Kemudian cucilah sisir sampai bersih dan tunggulah sisir sampai kering sebelum digunakan untuk menyisir lagi. 

Rutinlah memotong rambut.
Meskipun anda ingin memanjangkan rambut bukan berarti anda tidak perlu ke salon untuk memotong rambut. Anda mungkin orang yang sangat ketat merawat dan menjaga rambut namun pasti akan selalu ada rambut yang rusak. Apalagi jika rambut tersebut panjang karena semakin panjang rambut akan semakin besar kemungkinan mengalami ujung rambut yang bercabang dan juga rambut yang panjang lebih sering terekspos sinar matahari daripada rambut pendek. Satu-satunya cara untuk menghilangkan rambut yang rusak adalah dengan memotongnya karena itu rutinlah memotong rambut setidaknya sekali tiap dua bulan. Memotong rambut juga dapat menjaga kerapian kepala kita. 

Memijat kepala
Ketika keramas dengan shampo jangan lupa untuk memijat kepala. Pijatan ini akan melancarkan aliran darah ke kulit kepala yang kemudian membantu folikel untuk membentuk struktur rambut yang baik. Caranya adalah letakkan ujung-ujung jari pada batas-batas rambut lalu berilah tekanan pada kulit dengan gerakan memutar. Mulailah dari batas rambut di bagian kening kemudian secara perlahan pindahlah ke batas rambut di bagian samping dekat telinga dan teruskan sampai ke belakang leher sampai ujung jari tangan kanan dan ujung jari tangan kiri bertemu. Lakukan ini selama 5 menit. 

Berikan nutrisi pada rambut
Rambut adalah produk sampingan dari fungsi tubuh. Karena itu jika tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat dan cukup maka tubuh dapat menghasilkan produk yang baik pula salah satunya rambut. Karena itu jagalah konsumsi nutrisi anda. Yang paling penting adalah penuhi dulu nutrisi yang dibutuhkan untuk keseluruhan fungsi tubuh setelah itu barulah berikan nutrisi tambahan khusus untuk rambut. Nutrisi-nutrisi yang berkontribusi dalam pertumbuhan dan menjaga kesehatan rambut adalah vitamin b kompleks, biotin, folic acid, pantothenic acid, iron, zinc, flax seed, black currant seed, olive oil, dan silica. 

Keramas
Rutinlah membersihkan rambut dari kotoran dengan shampo. Setiap aktivitas kita pasti akan membuat rambut menjadi kotor. Debu dan berbagai kotoran mikroskopis dapat merusak rambut dan kulit kepala. Seberapa sering anda bershampo tergantung dari tipe rambut anda, kering, berminyak, normal, kering dan berminyak, panjang, pendek, lurus, atau keriting. Untuk informasi lebih lanjut baca artikel ini.