Saturday, February 16, 2013

Cara Merawat Rambut Untuk Pria

“Rambutmu adalah mahkotamu”. Kalimat itu sering sekali kita dengar. Rambut adalah mahkota kita, karena rambut membuat wajah seseorang menjadi indah dan hal ini berlaku tidak hanya bagi wanita tapi juga bagi pria. Oleh sebab itu kita selaku pemilik mahktota mempunyai kewajiban untuk menjaga dan merawat rambut kita dengan. Pada artikel ini akan dibahas dengan singkat cara merawat rambut bagi pria:
  1. Menggosokkan rambut yang basah dengan handuk adalah penyebab terbesar rambut menjadi rusak dan rontok. Hal ini karena rambut yang basah sangat mudah rusak.

    Biasanya setelah mandi, kita mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosokannya menggunakan handuk dengan gerakan bolak-balik yang cepat. Ketika ini dilakukan sebagian besar rambut akan tertarik berulang kali sehingga menyebabkan rambut menjadi terbelit, sebagian rambut menjadi keriting seperti ular, kutikel rambut menjadi rusak, rambut menjadi putus, dan juga membuat rambut bercabang.

    Cara yang baik untuk mengeringkan rambut adalah dengan menekankan telapak tangan secara lembut pada rambut lalu gerakkan telapak tangan sesuai dengan arah tumbuhnya rambut, misalnya telapak tangan digerakkan dari tengah kepala ke arah kening, dari tengah kepala ke arah tengkuk, atau dari tengah ke arah samping. Lakukan ini sampai sebagian besar air terbuang dari rambut. Setelah itu barulah keringkan rambut menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepukkan handuk secara lembut ke rambut.

    Memang akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengeringkan rambut dengan cara ini tapi ini lebih aman karena rambut kita terjaga dari kerusakan. Namun ingat, jangan lakukan ini sampai rambut benar-benar kering. Selalu sisakan sedikit air pada rambut. Hal ini karena rambut yang terlalu kering juga tidak baik.
  2.  Ketika menyisir, gunakanlah sisir yang giginya tidak terlalu rapat. Hal ini akan mencegah rambut tertarik oleh sisir yang kemudian putus. Dan selalu jaga kebersihan sisir dengan cara mencucinya.
  3. Mandi dengan air hangat memang menyegarkan. Tapi hal ini dapat merusak rambut karena air hangat dapat melunturkan minyak alami yang dikeluarkan kulit kepala, akibatnya rambut menjadi kering.
  4. Terkadang mewarnai rambut dengan bahan pewarna kimia dapat membuat penampilan kita lebih keren. Namun saya tidak merekomendasikan ini. Jika memang ingin merubah warna rambut, jaganlah melakukannya sendiri di rumah. Sebaiknya serahkan kepada hair stylist yang professional. Karena mereka lebih tahu teknik mewarnai rambut yang aman dan produk mana yang cocok dengan tipe rambut kita.
  5. Setelah beraktivitas sepanjang hari rambut kita menjadi kotor oleh debu dan berbagai kotoran mikroskopis. Debu dan kotoran ini dapat merusak kulit kepala dan rambut. Gunakanlah shampoo dan conditioner untuk membersihkan rambut secara menyeluruh. Shampoo dan conditioner dapat menjaga kelembaban  rambut, membuat rambut bersih, elastis, harum, dan bersinar.
  6. Rambut yang sehat merupakan refleksi dari tubuh kita. Apa yang kita masukkan ke dalam tubuh kita dan bagaimana kita memperlakukan tubuh kita sangat berpengaruh pada kondisi rambut. Karena itu makanlah makanan yang sehat dan bergizi, rajin berolahraga, tidur dengan waktu yang cukup, dan kurangi kegiatan yang menimbulkan stress. Hal ini dapat menjaga kesehatan kulit kepala yang akibatnya rambut tumbuh dengan sehat dan baik.
  7. Kurangi memakai topi yang ketat karena dapat meningkatkan temperature kepala, akibatnya kulit kepala dan rambut menjadi kering. Topi yang ketat juga dapat merusak kulit rambut dan sering membuat rambut putus.
  8. Jangan lupa untuk memotong rambut. Meskipun kita ketat dalam perawatan rambut pasti ada sebagian rambut kita yang rusak. Satu-satunya cara untuk menghilangkan rambut yang rusak adalah dengan memotongnya. Lagipula memotong rambut dapat menjaga kerapian penampilan kepala kita.
  9. Rambut tumbuh mulai dari kulit kepala. Dengan begitu agar rambut tumbuh kuat, mulus, dan bersinar maka kesehatan kulit kepala juga harus dijaga dengan mengikuti tips-tips perwatan kulit kepala yang dijelaskan di artikel yang lain diblog ini.
Karena rambut adalah bagian penting dari penampilan kita maka sudah menjadi kewajiban kita untuk merawat dan menjaganya agar tumbuh dengan baik dan kuat. Tips-tips merawat rambut diatas sudah cukup membantu para pria untuk menjaga rambut agar tetap sehat.