Saturday, February 16, 2013

Seberapa Sering Anda Harus Keramas?

Sebagian orang harus keramas setiap hari sebagian lagi seminggu sekali. Jawablah pertanyaan dibawah ini untuk mengetahui seberapa sering anda harus keramas.

Apakah anda mempunyai rambut yang berminyak atau rambut yang kering?
Di bawah kulit kepala terdapat kelenjar yang menghasilkan sebum. Sebum ini kemudian keluar dari kulit melalui pori-pori. Sebum berfungsi sebagai pelumas yang menjaga rambut tetap sehat. Namun terkadang sebum yang diproduksi oleh kelenjar kita terlalu banyak yang kemudian membuat rambut menjadi berminyak. Hal ini sering terjadi ketika  memasuki masa puber atau ketika seorang wanita sedang menstruasi. Orang yang mengalami kondisi ini (rambut berminyak) sebaiknya keramas dengan shampo khusus rambut berminyak setiap hari. Namun jika rambut anda kering (kekurangan sebum) maka keramaslah dengan shampo khusus rambut kering sebanyak sekali dua hari.

Apakah anda memproses rambut anda (diwarnai, bleaching, perming, blow-drying, hot-curling, dll)?
Rambut menjadi rapuh ketika diproses. Rambut menjadi rawan rusak jika terlalu sering dicuci atau terlalu sering terekspos suhu panas. Karena itu jika anda memproses rambut maka jarang-jarang lah keramas. Keramaslah sebanyak sekali tiga hari.

Apakah rambut anda pendek atau panjang, lurus atau keriting?
Jika anda mempunyai rambut yang lurus panjang atau lurus pendek maka biasanya rambut cepat berminyak karena pada rambut yang lurus sebum lebih mudah tersebar pada permukaan rambut, karena itu keramaslah setiap hari. Namun, pada rambut keriting sebum lebih susah tersebar, karena itu jika rambut anda keriting keramaslah sekali seminggu.

Apakah anda banyak menggunakan produk untuk rambut?
Untuk meningkatkan penampilan kita sering menggunakan berbagai produk pada rambut seperti hairspray, minyak rambut, gel, wax, dll. Produk-produk ini dapat dengan mudah memerangkap debu dan berbagai kotoran pada rambut. Karena itu keramaslah setiap hari dengan shampo yang berlabel “lightweight” atau “everyday shampoo” untuk membuang debu-debu dan berbagai kotoran yang terperangkap pada rambut. Selain itu jangan lupa untuk keramas dengan clarifying shampo setiap sekali seminggu atau sekali dua minggu untuk membuang berbagai residu kimia dari produk-produk tersebut.

Apakah anda mempunyai ketombe?
Ketombe adalah gangguan di kulit kepala yang disebabkan oleh banyaknya populasi jamur malasezzia pada kulit kepala. Dampak dari gangguan ini adalah kulit kepala menjadi gatal, kering, dan kotor karena dipenuhi oleh tumpukan sel kulit yang mati. Jika anda mempunyai masalah ketombe maka keramaslah dengan shampo khusus ketombe setiap hari sampai masalah ketombe tersebut hilang.