Friday, February 22, 2013

Siklus Tumbuh Rambut

Rambut rontok adalah masalah yang banyak ditakuti orang karena merupakan tanda-tanda penyakit kebotakan. Banyak sekali penyebab rambut rontok, mulai dari dari kondisi stress, ketidakseimbangan hormon, kondisi kesehatan tubuh, sampai efek samping proses pengobatan. Namun rambut rontok bukan berarti terjadi masalah pada kepala kita. Rambut rontok terjadi bisa saja karena rambut memasuki fase istirahat. Sebenarnya ada tiga fase yang dilalui rambut. Fase itu adalah anagen, catagen, dan telogen.

Anagen
Fase ini adalah fase yang paling aktif bagi rambut. Pada fase ini folikel atau akar rambut mengelompokkan protein yang telah dikumpulkan dari pembuluh darah untuk membentuk struktur rambut yang baru. Rambut yang terbentuk akan terus didorong keluar dari folikel yang kemudian keluar dari kulit melalui pori-pori. Fase inilah yang sering dinamakan fase perumbuhan. Pada fase ini rambut dikepala kita akan terus bertambah panjang sekitar 0,3-0,4 mm per hari namun kecepatan pertumbuhan ini tergantung dari banyak faktor (jenis kelamin, umur, dll). Sekitar 90% rambut kita berada dalam fase ini. Fase ini bisa berlangsung selama 3 sampai 5 tahun bahkan bisa sampai 8 tahun.

Catagen
Fase ini sering disebut fase transisi. Pada fase ini folikel rambut akan mengalami penyusutan dan rambut berhenti tumbuh. Namun rambut tidak terlepas dari kulit. Sekitar 3% dari rambut dikepala kita sedang melalui fase ini. Fase ini berlangsung selama 2 sampai 3 minggu.

Telogen
Fase inilah yang sering dinamakan fase istirahat. Pada fase ini folikel rambut akan mengalami istirahat untuk persiapan membentuk struktur rambut baru (persiapan untuk memulai fase anagen lagi). Sekitar 7-10% rambut kita sedang melalui fase ini. Fase telogen biasanya berlangsung selama 6 bulan dan rambut yang melalui fase ini mudah sekali terlepas dari kulit kepala. Pada akhir dari fase telogen folikel rambut akan mulai membesar ke ukuran sebelumnya dan mengumpulkan protein dari pembuluh darah. Protein yang telah terkumpul ini kemudian akan dikelompokkan pada fase anagen yang dimulai setelah fase telogen selesai.